Bab V Penutup dan Referensi


BAB V Penutup
A.     Kesimpulan
Berdasarkan analisa dan pembahasan di atas maka dapat diambil beberapa kesimpulan sebagai berikut :
1.    Secara umum Satpol. PP Kab. Bantul belum optimal dalam melaksanakan pengelolaan Informasi tramtibum, dikarenakan belum ada SOP nya.
2.   Hal tersebut terlihat dari kekurang siapan baik dari segi SDM maupun peralatan dan perangkat Teknologi Informasi di Satpol. PP. Kabupaten Bantul.
3.    Pengelolaan informasi tramtibum di Satpol. PP Kab. Bantul saat ini masih menggunakan metode campuran on-line dan off-line, dan aksesbilitasnya sudah tersedia on-line, baik internal maupun eksternal.
B.     Rekomendasi
Dari hasil analisa dan pembahasan di atas juga, maka dapat disarankan beberapa rekomendasi sebagai berikut :
1.     Perlu adanya komitmen bersama untuk melaksanakan Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik.
2.     Perlu dibuat prosedur penanganan data dan informasi untuk melayani masyarakat menuju  terciptanya pemerintahan Good  Governance 
3.     Perlu meningkatkan ketersediaan dan kualitas peralatan dan perangkat untuk dapat mengikuti perkembangan teknologi informasi yang sangat cepat
4.  Perlunya peningkatan kemampuan dan kompetensi SDM yang terampil dalam penggunaan teknologi informasi.
5.     Satpol. PP Kab. Bantul perlu meningkatkan tahapan layanan dan pengelolaan informasi tramtibum dalam rangka mendukung perwujudan prisip-prinsip Good governance.
6.     Satpol. PP Kabupaten Bantul perlu untuk mengundang dan bekerjasama dengan pihak ketiga sebagai sumber dan narasumber untuk dapat meningkatkan kemampuan dan kompetensi SDM di bidang teknologi dan informasi di lingkungan Satker. Satpol. PP Kabupaten Bantul agar dapat melakukan pelayanan dengan cepat, tepat dan terpadu, serta ketersediaan informasi yang akurat dan informatif   menuju terciptanya pemerintahan yang Good  Governance.

REFERENSI

Bryson, John M, (1995). Strategic Palanning for Public and Non Profit Organization, A Guide to Strengthening and Sustaining Organizational Achievment. Revisied Edition. San Fransisco: Josey Bass-Publisher.
Lembaga Administrasi Negara. (1993). Perencanaan Peningkatan Kinerja. Jakarta.
Moleong, lexy, J. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Rangkuti, Freddy. (2001). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis: Reorientasi Konsep Perencanaan Strategis untuk Menghadapi Abad 21. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Siagian, Sondang P. (1995). Manajemen Stratejik. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Singarimbun, Masri dan Effendi, Sofian. (1989). Metode Penelitian Survei. Jakarta: LP3ES.
Sutopo, H.B., 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif: Dasar Teori dan Terapannya dalam Penelitian. Surakarta: UNS Press.
http://bantulkab.go.id/ di akses tanggal 14 Mei 2011.
http://en.wikipedia.org/wiki/SWOT_analysis di akses tanggal 14 Mei 2011.

Comments

Popular posts from this blog

Implementasi IT dalam Bidang Pemerintahan: Penerapan e-Procurement System dalam mendukung e-Governance dan Good Corporate Governance

Cinta yang Abadi